Panel Modular vs Panel Non-Modular Pada Bangunan Modular

0
47
views
sumber: google.co.id

Bangunan modular ialah tipe bangunan yang dibuat dengan sistem beberapa komponen komponennya sudah dibuat dipabrik. Progres ini tentu saja akan lebih membantu Anda untuk menghemat waktu dan juga jumlah tukang yang digunakan untuk bekerja.
Rumah prefabrikasi ialah rumah dengan komponen rakitan pabrik menjadi format panel modular. Inti dari penyusunan rumah ini sebab menerapkan panel EPS sandwich atau expandable polystyrene.
Perbedaan panel modular dan panel non-modular pada bangunan modular

  1. Mutu
    Pertama yang bisa menjadi pembeda ialah bila dipandang dari kualitasnya. Panel modular akan memiliki kualitas yang lebih bila dibandingkan dengan panel non-modular. Kelebihan yang pertama ialah panel modular akan memiliki bahan yang kokoh dan ringan. Progres ini tujuannya supaya panel tersebut lebih mudah untuk dibawa ke lokasi pembangunan rumah.
    Selain itu, cara kerja pemasangannya juga akan lebih mudah. Sedangkan bebannya cukup ringan, tapi bahan ini konsisten kokoh. Malah rumah dengan menerapkan panel ini akan lebih tahan gempa sebab bahan baja ringan yang digunakan dimana juga baja tersebut tak kaku. Keringanan tersebut membuat panel rumah modular lebih tak dipengaruhi oleh guncangan gempa.
  2. Tingkat pembuangan sisa
    Perbedaan yang berikutnya dari pemakaian bahan material panel modular dan non modular untuk bangunan modular prefab ialah dipandang dari segi tingkat pembuangan sisanya. Pemakaian panel modular ini akan membantu untuk mengurangi pembuangan sisa material.
    Pembuangan sisa material yang digunakan untuk pembuatan rumah bisa menjadi hal yang berbahaya untuk kerusakan lingkungan. Dimana jumlah dari pembuangan sisa bahan material tersebut masih benar-benar tinggi. Untuk itu digunakanlah atau dibuat rumah dengan konsep prefabrikasi ini.
    Rumah dengan prefabrikasi akan memberikan solusi yang bagus guna menghindari pembuangan sisa material bahan bangunan. Malah penggunaannya bisa membantu untuk mengurangi sisa material bahan bangunan sebanyak 52%.
  3. Waktu prosesnya
    Rumah dengan konsep prefabrikasi memang sudah diketahui bisa memberikan cara kerja pembangunan dengan cepat. Progres ini juga sebab bahan yang digunakan beberapa besar sudah dibuat lebih-lebih dulu atau dibangun pada pabrik sebelum dibawa ke lokasi pembangunan.
    Dikala tersebut banyak diketahui dengan cara kerja off site construction. Malah komponen tersebut sudah hingga di lokasi pembangunan, maka nantinya para pekerja hanya akan memasang panel-panel menjadi format bangunan modular instan yang sudah siap ditempati.
    Rumah prefabrikasi ini juga sering kali disebut dengan rumah instan atau rumah cepat. Malah waktu yang bisa dikurangi untuk pembuatan rumah ini dibandingkan dengan sistem yang konvensional bisa sekitar 75%.
    Untuk itu bila Anda menginginkan rumah bisa segera ditinggali dengan waktu yang cepat, maka bangunan modular ini akan bisa menjadi opsi yang bagus digunakan. Malah cara kerja pemasangannya bisa hanya mencapai 5 jam saja. Masih butuh info soal bangunan tipe modular ini? Silahkan hubungi http://sanwaprefab.co.id/.

Sumber: sanwaprefab.co.id