Sukses Kuliah di Luar Negeri Dengan Beasiswa

0
121
views
sumber: google.co.id

Sebagai pelajar, pasti pernah bercita-cita untuk melanjutkan studi di luar negeri. Padahal sebagai bapak dan ibu akan betul-betul berbangga sekiranya buah hatinya bisa melanjutkan pengajaran dengan mutu terbaik. Tapi tak bisa diabaikan bahwa hasrat itu mungkin hanyalah angan-angan sebab tak segala bapak dan ibu sanggup membiayai pengajaran hal yang demikian. Mengingat bahwa tarif yang semestinya dikeluarkan oleh bapak dan ibu sangatlah besar untuk mengirim buah hatinya berguru di luar negeri.

           Salah satu elemen yang memberi pengaruh mahalnya pengajaran tinggi di universitas luar negeri yakni status universitas itu sendiri. Fenomena ini ditemukan di negara maju seperti Amerika Serikat dan Inggris. Di kedua negara hal yang demikian, universitas swasta mematok tarif pengajaran yang lebih tinggi diperbandingkan dengan universitas negeri. Universitas negeri mungkin menerima dukungan dana dari pemerintah. Tapi pada sebuah negara yang tak banyak mengalokasikan dana pada sektor pengajaran, tarif pengajaran dapat betul-betul membebani para mahasiswa. Berbeda dengan mahasiswa lokal yang semestinya membayar pajak secara tertib tiap tahun, mahasiswa internasional tak mempunyai keharusan untuk membayar pajak terhadap pemerintah setempat. Inilah yang terjadi di banyak negara Eropa dan Amerika Serikat, mewujudkan hal ini sebagai alasan yang logis untuk menarik tarif pengajaran lebih tinggi terhadap mahasiwa dari luar negeri.

           Walaupun demikian, dikala ini telah banyak instansi yang memberikan beasiswa bagi pelajar Indonesia yang berharap melanjutkan pengajaran di luar negeri. Mendapat beasiswa yakni salah satu metode terbaik untuk dapat melanjutkan kuliah di luar negeri. Tetapi sayangnya jumlah beasiswa yang terbatas berbanding terbalik dengan jumlah peminat beasiswa yang senantiasa bertambah setiap tahunnya.

1. Jangan malu bertanya.

           Kau dapat mencari berita di dunia maya dan juga bertanya terhadap pihak kampus (sekolah) seperti penasihat akademik, serta professor, dosen maupun guru.

2. Buat daftar beasiswa yang kau minati

           Jangan ragu untuk mencari tahu mulai dari tipe beasiswa, kualifikasi yang diperlukan, program studi yang ditawarkan sampai deadline beasiswa itu sendiri. Pada kiat kedua ini kau sebaiknya membikin spreadsheet untuk memudahkan pencarian dan pengklasifikasian beasiswa. Sebagian skor yang perlu kau masukkan ke dalam spreadsheet seperti nama universitas, negara, bahasa yang diterapkan, program studi dan lain sebagainya. Kau juga bisa mencetaknya mengaplikasikan ink tank printer dan menempelnya di kamarmu supaya kami dapat lebih konsentrasi.

3. Pahami seperti apa visi dan misi mereka

           Cari tahu juga hal-hal apa yang sepertinya menjadi konsentrasi utama dari organisasi. Identifikasi segala berita yang kau bisa perihal organisasi dan buat aplikasimu cocok dengan keperluan mereka.

4. Buat motivation letter yang menarik

           Motivation Letter yakni salah satu prasyarat yang senantiasa diperlukan dalam aplikasi beasiswa. Sebisa mungkin hindari kata-kata biasa yang kerap diterapkan seperti “Aku berharap mempelajari adat istiadat baru”, “Aku betul-betul beratensi untuk belajar Bahasa Jerman” dan lain sebagainya. Sebaliknya kau dapat menyebutkan sebagian fakta seperti semisal kau jatuh cinta dengan film-film Perancis atau kau pernah mempunyai sahabat SMA dari Polandia yang ikut serta pertukaran pelajar dan sebagian fakta-fakta penyokong lain yang menandakan bahwa kau memang punya kemauan dan dasar yang kuat untuk melanjutkan kuliah di negara hal yang demikian.

5. Masukkan lamaran lebih permulaan

           Saat-orang yang dikasih tanggung jawab ini lazimnya akan lebih jeli di permulaan aplikasi beasiswa masuk. Sekiranya telah mendekati deadline karenanya mayoritas dari mereka cuma akan memandang aplikasi secara sekilas dan betul-betul mungkin bahwa skor-skor plus di aplikasimu lolos dari penglihatan mereka. Jadi buat aplikasi sebaik mungkin dan submit di permulaan ya. Jangan lupa juga untuk mengamati berkas komplemen lainnya. Motivasi diperlukan dalam format softcopy, kau dapat menjalankan scan mengaplikasikan sharing printer yang ada di rumahmu.

           Semoga berita hal yang demikian berkhasiat untukmu.  dan raihlan impianmu!

Sumber: brother.co.id