Jenis dan Tipe Pemanas Air Tenaga Matahari

0
69
views
sumber: google.co.id

Salah satu komponen yang terpenting dalam pemilihan pemanas air daya sang surya ialah mengenai bahan tangki yang digunakan. Tangki secara biasa yang digunakan terbuat dari stainless steel, melainkan ada beberapa ragam dan seri yang membedakannya. Jika diamati sekilas memang seperti tak ada perbedaannya melainkan struktur pembentuk dari masing-masing tangki yang membedakannya.
Pemilihan ragam dan ragam ini dapat diatur menurut tingkat keperluan dan juga budget yang dimiliki untuk membelinya.
Variasi dan ragam pemanas air daya sang surya
Ada beberapa ragam tangki air dari stainless steel yang dapat dipilih menurut perbedaan karakteristiknya seperti di bawah ini:
• Duplex
Untuk ragam yang pertama ini dapat dibilang ragam yang paling baru sebab ialah persilangan dari ferritic dan autenitic. Hal hal yang demikian didorong dengan kemampuan mengatasi korosinya yang sama atau mirip dengan autenitic. Sementara untuk segi kekuatannya sama dengan ferritic dan juga autenitic, lebih tepatnya berada di tengah.
Energi tangki kepada korosi dari duplex sedangkan mirip dengan autenitic melainkan terbukti lebih kapabel menghalau retakan yang terjadi. Banyak digunakan untuk keperluan perindustrian yang besar.
• Martensitic
Untuk tangki solar water heater yang kedua ini memiliki kelebihan pada struktur tangki yang sangat kokoh dan bendung banting. Bahan serupa yang digunakan mirip dengan gerinding dan pisau yang susah untuk dipatahkan. Tapi kekurangannya ada pada bentuk tangki yang tak kuat dengan korosi.
• Ferritic
Variasi berikutnya ialah ferritic yang tenar dengan harga beli yang cukup relatif murah. Meskipun memang untuk daya bendung kepada korosi tak sebagus austenitic. Lazimnya digunakan untuk industri rumahan dengan kapasitas tampungan yang tak terlalu besar.
• Austenitic
Untuk ragam yang satu ini memiliki kelebihan dalam hal bertahan pada temperatur rendah maupun tinggi sekalipun tanpa goyah. Pun kemampuan bertahan dari korosi juga dirasa cukup baik dibandingkan martensitik dan ferritic.
Mengenal seri tangki stainless steel pemanas air surya
• SS 201
Ialah seri tangki pemanas air daya solar yang paling murah dari lainnya. Tapi memiliki kemampuan bertahan dari korosi yang cukup buruk dibanding lainnya.
• SS 430
Seri ini memiliki kerangka struktur yang lumayan kuat dibandingkan seri sebelumnya cuma saja tak cukup kuat untuk menahan korosi yang terjadi.
• SS 316
Untuk seri ini memiliki kemampuan yang lumayan baik dalam korosi terbukti dari jenisnya yang bertahan pada pantai laut lepas. Dapat bertahan pada temperatur yang cukup tinggi maupun rendah sekalipun.
• SS 304
Sementara untuk seri yang terakhir ini memiliki karakteristik pada kekukuhan yang cukup baik dan juga kemampuan bertahan dari korosi yang maksimal. Dapat dibilang ialah seri yang paling disarankan untuk digunakan.
Itulah beberapa ragam dan ragam tangki dari pemanas air daya sang surya yang perlu dikenal sebelum membeli.

Sumber: intisolar.com