Cara Bersihkan Alat Dapur dengan Pemanas Air Tenaga Surya

0
85
views
sumber: google.co.id

Pemanas air daya surya menjadi produk yang kian banyak diterapkan pada masa sekarang, tak terkecuali untuk rumah tangga. Amati cara-cara berikut ini untuk membersihkan peralatan dapur menggunakan pemanas air bertenaga surya dengan benar.
Sistem membersihkan peralatan dapur dengan pemanas air daya surya

  1. Buanglah sisa-sisa makanan yang merekat di peralatan
    Sebelum membersihkan peralatan dapur dengan pemanas air, sebaiknya buanglah terutamanya dahulu sisa-sisa makanan yang merekat di peralatan. Langsung masukkan makanan sisa ke dalam kotak sampah supaya tak berceceran.
  2. Siapkan panci berukuran besar
    Carilah panci berukuran besar sebagai tempat menampung semua peralatan dapur yang kotor. Kemudian tuangkan air dari pemanas air ke dalam panci hal yang demikian sampai semua peralatan dapur terendam air.
  3. Biarkan selama beberapa saat
    Adanya solar water heater menjadikan Anda tak perlu repot lagi memegang temperatur air yang ideal untuk perendaman. Saat ini karena temperatur yang dihasilkan pemanas air bisa lantas cocok dengan temperatur yang dinginkan.
    Sistem temperatur air agak dingin, gunakanlah pencapit untuk mengambil alat-alat dapur yang tadi direndam air panas. Sistem ini dilakukan dengan tujuan mensterilisasi alat-alat dapur yang kotor untuk menghilangkan bakteri karena bakteri gampang mati di air panas.
  4. Sistem pemutih untuk membersihkan peralatan
    Sistem lain yang bisa diterapkan untuk mensterilkan peralatan dapur yang kotor yakni menggunakan satu sendok pemutih dan satu galon air. Sesudah peralatan dapur direndam selama beberapa menit, lalu bilaslah dengan air hangat.
  5. Siapkan wadah lain untuk menampung air panas
    Tuangkan air hangat ke dalam wadah besar yang nantinya akan diterapkan untuk menyelupkan alat-alat dapur yang hendak dibersihkan. Pastikan Anda menggunakan air hangat bukan air panas supaya tangan tak melepuh.
  6. Ambil sabun pencuci piring
    Tuangkan sabun pencuci piring ke dalam wadah yang tadi sudah disiapkan, lalu larutkan sabun sampai tercampur merata dengan air. Remas spon di dalam air sabun sampai mengeluarkan banyak busa.
  7. Gosok peralatan dengan spon
    Gosok semua peralatan yang tadi direndam dengan air dari pemanas air daya sang surya menggunakan spons yang tak terlalu kasar. Gosok secara berulang sampai ke tiap-tiap bagian alat-alat dapur yang dicuci.
    Tambahkanlah sabun lagi jikalau ada bagian alat yang kotor dan susah untuk dibersihkan. Lalukan gosokkan spon dengan lebih kuat sembari sedikit ditekan sampai kotoran terlepas yang membandel itu terlepas.
  8. Bilas dengan air hangat
    Sesudah selesai menyabun peralatan dapur, bilaslah dengan air hangat yang mengalir dari alat pemanas air. Langkah terakhir yakni siapkan tempat untuk meniriskan peralatan yang basah sehabis dicuci.
    Pemanas air tenaga surya rupanya tak hanya diterapkan untuk mandi dan masak, namun juga bisa diterapkan untuk membersihkan alat-alat dapur. Sistem ini rupanya ampuh untuk menghilangkan kotoran yang membandel pada peralatan.