Info Sertifikat Pelaut Jenis dan Pengecekan Secara Online

0
32
views
sumber: google.co.id

Berita akta pelaut bisa diamati secara online di web resmi atau web yaitu pelaut.dephub.go.id. Akta ini menjadi harta berharga bagi tiap pelaut dan menjadi dokumen penting untuk lamaran kerja atau diklat kepelautan.
Berita Akta Pelaut dan Cek Akta Sah Online
Akta pelaut terbagi menjadi dua tipe yaitu akta kompetensi dan akta pekerjaan. Competency certificate ini terbagi lagi menjadi dua tipe yaitu akta keahlian atau ijazah laut dan satu lagi endorsement. Padahal akta pekerjaan dibedakan menjadi sebagian tipe yaitu BST, SCRB, AFF, MFA dan yang lainnya. Masa berlaku akta pekerjaan dan endorsement selama 5 tahun semenjak akta hal yang demikian diterbitkan. Sekiranya berkeinginan mengaplikasikan lagi maka pelaut perlu menjalankan revalidasi atau pembaharuan sertfikatnya sehingga penting mengenal informasi revalidasi akta pelaut.
Berbeda dengan akta kompetensi keahlian atau juga diketahui dengan nama ijazah laut yang tidak mempunyai batasan waktu pengaplikasian sehingga penerapannya bisa dimanfaatkan seumur hidup. Melainkan jika berkeinginan diperbaharui juga boleh dari operasional ke manajemen tapi syaratnya harus mempunyai pengalaman berlayar di atas kapal minimal 1 tahun.
Mengenai persyaratan untuk memperbaharui akta ataupun untuk menjalankan pemutakhiran ijazah laut hal yang demikian di salah satu daerah diklat yaitu print out akta. Print out ini diaplikasikan sebagai bukti resmi yang di dalamnya tersedia biodata pemilik. Kecuali itu, print out ini akan memudahkan pelaut untuk mengenal sampai kapan akta hal yang demikian berlaku. Karena itulah penting untuk mengecek informasi akta pelaut online yang bisa dengan gampang dicek di web resminya.
Web resmi pelaut.dephub.go.id sudah menjalankan perubahan tampilan sebanyak 2 kali dan perubahan alamat web satu kali. Perubahan alamat web dan tampilan terjadi di akhir tahun 2013 dan membikin pelaut lebih gampang mengecek sertifikatnya. Padahal di akhir 2016 yang berubah yaitu perubahan tampilan mengenai tata letak beraneka menu, tapi tidak banyak yang berubah dari tampilan sebelumnya.
Perubahan ini memberikan imbas di mana akta pelaut yang dulunya aktif menjadi tidak aktif atau disebut juga akta pelaut tidak online. Akta yang pengeluarannya sampai kahir 2016 kebanyakan yang tidak online. Penyebabnya bisa jadi sebab database akta rersebut sudah cukup banyak sehingga untuk memindahkannya ke database yang baru membutuhkan waktu. Sehingga bagi pelaut yang ketika menjalankan cek akta pelaut tapi sertifikatnya tidak online tidak perlu linglung dan kuatir sebab ini yaitu situasi sulit teknis.
Menangani situasi sulit ini ada solusi yang bisa dikerjakan yaitu dengan mengunjungi direktorat Perhubungan Laut dan melaporkannya. Atau juga bisa melapor kepada daerah diklat di mana sertfikat hal yang demikian diterbitkan. Caranya kirimkan pesan via surat elektronik atau juga bisa menghubungi via saluran telepon dan akan lebih bagus lagi jika mendatangi secara lantas untuk menerima informasi akta pelaut yang tidak online.

Sumber: jobpelaut.com