Wisata Religi Al Quran Raksasa Bagi Umat Muslim

0
19
views
sumber: google.co.id

Tamasya religi Al Quran raksasa menjadi salah satu daerah wisata Palembang yang menawarkan pengalaman spiritual unik. Di daerah ini, pengunjung bisa melihat lebih dekat wujud kongkrit dari Al Quran raksasa di dunia. Di mana Al Quran yang ditampilkan bukan dalam halaman yang kecil, tetapi berukuran super besar dengan mengaplikasikan 40 m3 Trembesi sebagai medianya.
Seperti yang dikenal, Al Quran ialah kitab suci yang menjadi pertanda dari umat muslim. Jadi, tidak heran seandainya keberadaan dari Museum Al Quran Raksasa menjadi fenomena yang sangat penting terlebih di wilayah Palembang.
Tentang wisata religi Al Quran Raksasa
Kerja pembuatan dari Al Quran raksasa ini memakan waktu yang sangat lama, kurang lebih 7 tahun. Dan sebelum dibuatkan rumit wisata khusus, Al Quran Raksasa hanya dipajang di Masjid Agung Palembang.
Permulaan mula lahirnya wisata religi Al Quran raksasa kota Palembang Sumatera Selatan ini karena buah pikiran dari Kiagus Syofwatillah Mohzaib. Setelah merampungkan pemasangan ornamen dan kaligrafi pintu Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II, beliau mulai melakukan Al Quran raksasa ini.
Pada Januari 2012, Susila Bambang Yudhoyono, Presiden RI Keenam meresmikan Al Quran ini sebagai Al Quran terbesar. Infonya biaya yang dihabiskan untuk menghasilkan satu karya epik ini sangat mahal, pun menempuh 2 milyar. Mengingat jenis kayu yang diaplikasikan juga ialah kayu terbaik orisinil Palembang.
Total halaman Al Quran Al Akbar menempuh 630 halaman yang tiap-tiap ukiran ayatnya mengaplikasikan huruf embos kuning dengan background warna coklat kayu. Siapa pun pengunjung muslim yang datang bisa membaca Al Quran dengan bagus karena sudah disertai dengan Tajwid.
Fasilitas yang tersedia
Museum Al Quran Raksasa ini dilengkapi dengan beraneka fasilitas. Di komponen dalam gedung, terdapat lima lantai yang bisa kita telusuri satu demi satu. Selama menelusuri lantai gedungnya, pengunjung bisa menikmati pesona estetika dari ukuran ayat-ayat Al Quran Raksasa yang tersaji dengan sangat terang.
Padahal di lantai atas, terdapat mushola yang lazimnya dimanfaatkan pengunjung untuk melakukan ibadah seandainya masuk jam salat. Setelah puas mengagumi Al Quran Raksasa, jangan lupa untuk menikmati estetika Palembang dari atas gedung. Wilayah wisata ini turut menghadirkan kios cenderamata. Dan seandainya pengunjung merasa lapar, silakan kunjungi salah satu kios tenda yang ada di sekitar rumit wisata.
Harga karcis masuk
Merasakan wisata di daerah yang baru saat bertolak ke Palembang ialah hal harus. Untuk bisa masuk ke area wisata ini, para pengunjung hanya perlu membayar karcis masuk atau infaq sebesar Rp 10.000.
Demikianlah penjelasan singkat tentang wisata religi Al Quran Raksasa yang ada di Palembang. Saat berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian jam waktu berharga kita untuk mengunjungi daerah wisata menarik ini.

Sumber: hariliburnasional.com