Wisata Fort Marlborough Bengkulu yang Unik dan Penuh Sejarah

0
38
views
sumber: google.co.id

Bukti sejarah penjajahan Inggris hadir di beragam penjuru Indonesia, salah satunya di zona tamasya Fort Marlborough. Di mana tepatnya daerah tamasya hal yang demikian? Fort Marlborough berada persis di Kota Bengkulu. Daerah yang memikul sejarah penjajahan Inggris semenjak berdiri tahun 1714 silam.
Mengetahui tamasya Fort Marlborough
Mempelajari sejarah tak wajib di rumah lewat buku atau riset dunia online. Anda dapat memperhatikan bangunannya secara segera saat berwisata ke sebagian kota di tanah air salah satunya Bengkulu.
Fort Marlborough yaitu sebuah benteng yang tak jarang kali disalah pahami oleh masyarakat Indonesia. Banyak yang berdaya upaya bila benteng ini dibangun di zaman penjajahan Belanda. Faktanya, Fort Marlborough dibangun atas instruksi Joseph Collet dan menjadi salah satu benteng kekuasaan Inggris.
Beraneka kesibukan menarik yang ada

  1. Hunting Foto
    Kecuali mengagumi estetika bangunannya yang unik dan bercorak Inggris. Anda dapat memanfaatkan wilayah ini sebagai background foto yang unik. Hunting foto di wilayah bersejarah hakekatnya bukan kesibukan baru bagi wisatawan dalam negeri ataupun mancanegara.
    Umur bangunannya telah betul-betul tua, melainkan masih dirawat dengan bagus. Sehingga tak cuma berupa puing-puing saja. Anda masih dapat bergaya di depan benteng Fort Malborough. Kecuali itu kunjungi pula terowongan, gudang mesiu, dan rooftop. Seluruh daerah menawarkan panorama yang unik.
  2. Belajar Sejarah
    Tamasya sejarah Fort Malborough yaitu kesibukan penting yang dapat Anda lakukan saat berada di rumit tamasya ini. Mengingat, tak banyak buku paket sejarah yang membeberkan secara mendetail seputar Fort Malborough.
    Kecuali berfungsi sebagai benteng kekuasaan Inggris, Fort Malborough juga dimanfaatkan pemerintah Belanda sebagai benteng pertahanan militer. Sampai pada tahun 1950-an, Fort Malborough sukses dikendalikan oleh TNI AD. Kemudian diserahkan pada Kemendikbud supaya dialih fungsikan sebagai cagar tradisi.
    Fasilitas
    • Museum
    Dikala Anda masuk lebih dekat ke rumit tamasya Benteng Malborough. Anda akan menemukan banyak fasilitas tamasya salah satunya museum. Saksikan beraneka peninggalan bersejarah ketika penjajahan Inggris dan Belanda.
    • Jembatan
    Di Fort Malborough juga terdapat jembatan yang biasanya dimanfaatkan para pengunjung sebagai titik fotografi.
    • Ruang Sel Tahanan
    Sebagai benteng kekuasaan, Fort Malborough memfasilitasi diri dengan beragam ruangan. Salah satunya ruang sel tahanan. Kecuali ruang tahanan juga ada ruang pegawai EIC dan lainnya.
    • Atraksi Dol
    Pengalaman tamasya di Fort Malborough terasa lebih komplit bila Anda merasakan fasilitas atau atraksi dol. Atraksi yang unik dan cuma dapat Anda dapatkan saat tamasya di Bengkulu.
    Lokasi dan karcis masuk
    Fort Malborough berada di Jalan Benteng, Kebun Keling, Kota Bengkulu. Daerah tamasya ini dibuka untuk biasa semenjak pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 petang. Harga karcis masuk ke Benteng Fort Malborough betul-betul relatif murah.
    Cukup membayar Rp 3.000 per buah hati atau Rp 5.000 untuk orang dewasa. Anda telah dapat menyaksikan beraneka atraksi menarik juga peninggalan sejarah tamasya Fort Malborough. Tak lupa pula memenuhi ingatan kamera dengan foto-foto yang atraktif.

Sumber: hariliburnasional.com