Variasi Berbagai Macam Motif Seragam Batik

0
28
views
sumber: google.co.id

Motif seragam batik ada bermacam variasi opsi yang dapat digunakan. Keunggulan dari kain batik atau ciri khasnya adalah motif atau corak yang dimilikinya. Corak itulah yang membikin kain batik menjadi kain yang unik dan menarik digunakan.
Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki batik dengan motifnya masing-masing. Motif tersebut juga menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Bahkan dalam satu daerah adakalanya memiliki variasi motif yang juga berbeda. Itulah mengapa Anda akan jarang menemukan orang yang mengaplikasikan kain batik dengan motif yang sama persis.
Bermacam-macam variasi motif seragam batik

  1. Motif Mega Mendung
    Siapa yang tidak kenal dengan variasi motif batik yang satu ini. Motif Mega Mendung menjadi motif yang betul-betul populer ditemukan di tiap toko batik. Banyak juga orang yang menyenangi motif ini sebab memang memiliki desain yang simpel dengan tidak terlalu banyak terperinci.
    Motif ini berasal dari kota Cirebon dan telah hampir tersebar di bermacam wilayah Indonesia. Motif ini juga cocok dengan namanya adalah mega yang artinya awan. Jadi formatnya juga seperti awan dengan bermacam variasi opsi warna seperti merah, kuning, biru, hijau dan lainnya.
  2. Batik Pekalongan
    Tipe motif selanjutnya yang juga lazim Anda peroleh di konveksi seragam batik adalah batik Pekalongan. Batik ini memiliki bermacam variasi opsi warna yang cocok untuk Anda gunakan. Bermacam-macam variasi warna tersebut dapat seperti warna merah, biru atau ungu.
    Ciri khas dari motif batik ini adalah mengaplikasikan gambar hewan dan tumbuhan sehingga warna yang digunakan juga ada bermacam variasi warna. Jika Anda ingin pakaian seragam batik yang lebih berwarna karenanya batik pekalongan ini dapat dicoba.
  3. Batik Solo
    Selain batik pekalongan, juga ada batik solo yang tidak keok populer. Jika batik Pekalongan memiliki motif yang terinspirasi dari hewan dan tumbuhan, lain halnya dengan batik Solo yang terinspirasi dari ketenangan sungai bengawan Solo.
    Itulah mengapa warna yang digunakan kebanyakan adalah warna cokelat. Tipe batik ini akan betul-betul cocok untuk Anda gunakan sebagai seragam batik kerja sebab dapat memberikan kesan yang lebih formal.
    Selain itu batik dengan warna cokelat ini akan cocok sekiranya digunakan sebagai pakaian untuk acara legal atau semi formal seperti menghadiri pernikahan. Anda hanya perlu memodifikasinya di jasa jahit seragam batik untuk memberikan kesan yang lebih luwes atau tidak kaku.
  4. Motif Sekar Jagad
    Motif seragam dari batik selanjutnya adalah Sekar Jagad. Motif ini dapat Anda peroleh pada kain batik yang berasal dari Yogyakarta. Tipe motif ini memiliki warna yang lebih banyak mengaplikasikan warna cokelat gelap. Selain itu juga corak yang digunakan cukup simpel. Batik ini terinspirasi dari banyaknya pulau yang ada di Indonesia.
    Itulah beberapa variasi variasi motif seragam batik yang paling banyak digunakan dikala ini.

Sumber: henryadams.co.id