Seragam Hotel

0
730
views
sumber: google.co.id

Kesibukan perhotelan di Indonesia mungkin tak seramai di negara lain, tetapi tak dapat juga dikatakan sepi pengunjung. Salah satu sistem yang dijalankan marketing untuk menyokong kesibukan perhotelan yakni mengharuskan segala staf hotel untuk mengenakan seragam hotel.
Seragam kerja perhotelan mempunyai banyak keunikan, modelnya malah diciptakan berbeda menurut pada tanggung jawab profesi. Dengan adanya seragam, diinginkan staf hotel dapat menempatkan dirinya dengan bagus dan melakukan kesibukan profesi layak dengan tanggung jawab masing-masing.
Tipe seragam hotel
Sebagian ragam seragam untuk staf hotel, antara lain:
• Front Desk Uniforms
• Housekeeping Uniforms
• Bellman, Doormen, Valet Uniforms
• Koki Uniforms
Kenapa seragam itu penting? Mengenakan seragam kerja hotel secara tak seketika akan memperlihatkan identitas penggunanya sehingga tetamu dapat membedakan antara petugas valet, resepsionis, dan koki hotel.
Sebab bertugas di garda depan hotel, resepsionis dan petugas valet lazimnya akan mengenakan baju formal. Untuk pria lazimnya mengenakan kemeja lengan panjang meskipun resepsionis wanita akan mengenakan tambahan scarf dan bawahan rok.
Sebagian kota di Indonesia seperti Yogyakarta, biasanya akan mengenakan seragam hotel batik untuk memberi tahu kebudayaan Indonesia pada pelancong mancanegara sekalian melestarikan warisan tradisi dari nenek luhur. Seragam hotel motif batik akan dikenakan layak jadwal yang telah dibatasi oleh manajemen hotel, jadi tak dikenakan tiap hari.
Fungsi seragam kerja
Mengenal pentingnya mempunyai seragam kerja sendiri, hotel-hotel Indonesia sekarang berlaga-pertandingan merancang desain seragam kerja yang keren, elegan malahan menambahkan faktor etnik ke dalamnya. Berikut fungsi utama dari seragam kerja hotel:
• Memberikan identitas sehingga dapat membedakan tanggung jawab apa yang dimiliki oleh staf hotel bersangkutan.
• Menambah skor jual bagi tetamu hotel atau malahan kekerabatan yang berkeinginan berinvestasi.
• Meningkatkan citra positif hotel di mata masyarakat.
• Seragam kerja akan menolong staf hotel bersikap efisien.
• Memberikan kesan kesetaraan dan menumbuhkan rasa kekeluargaan yang kental bagi masing-masing divisi.
• Kapabel menaikan pamor suatu produk.
• Menjadi pujian bagi pemilik seragam.
Seragam kerja hotel di Indonesia mungkin berbeda untuk tiap-tiap divisinya, sebab tak mungkin bila koki hotel mengenakan seragam resepsionis di dapur, berlaku pula sebaliknya. Oleh sebab itu, ragam bahan seragamnya malah berbeda.
Secara garis besar, seragam kerja hotel yang di tawarkan oleh pihak konveksi biasanya diciptakan dari kain seperti: American Drill, Castilo Drill, Taipan Drill atau Nagata Drill. Ada juga yang diciptakan dari kain batik dan katun twist. Sebab teladan dan bahannya berbeda, pihak konveksi akan mematok harga jual seragam hotel yang berbeda untuk menyesuaikan dengan tarif produksi.
Demikian info mengenai seragam hotel, semoga dapat menambah ilmu secara khusus bila Anda memiliki kemauan atau mimpi berprofesi di hotel. Makin banyak bintang hotelnya, lazimnya makin baik dan elegan seragam kerja para staff hotel.

Sumber: henryadams.co.id