Jenis dan Kelengkapan Seragam Kantor Untuk Pakaian Dinas

0
103
views
sumber: google.co.id

Seragam kantor diperuntukkan bagi karyawan pantas bidang pekerjaannya. Seragam kantor tentu saja bervariasi tergantung ketetapan perusahaan hal yang demikian, apalagi bila ditambahkan logonya yang berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.
Macam baju dinas seragam kantor
Berikut yaitu ragam baju dinas yang acap kali diaplikasikan oleh Pegawai Negeri Sipil:

  1. Seragam Dinas Departemen Dalam Negeri
    Seragam dinas yang dikenakan oleh Pegawai Negeri Sipil dalam lingkungan Departemen Dalam Negeri diantaranya ada baju sipil legal, seragam dinas harian, seragam sipil komplit dan baju sipil untuk harian.
  2. Seragam dinas untuk Pemerintah Kabupaten dan Kota
    Seragam dinas yang dikenakan diantaranya ada seragam untuk dinas harian, seragam sipil harian, seragam sipil legal, seragam ketika dinas lapangan dan seragam sipil komplit. Dan ditambahkan lagi ada seragam dinas untuk dikenakan ketika upacara. Seragam perusahaan berfungsi untuk menampilkan bahwa perusahaan hal yang demikian profesional dengan citra yang baik.
  3. Seragam dinas pemerintah provinsi
    Seragam dinas untuk pemerintah provinsi sama dengan seragam dinas lingkungan Departemen Dalam Negeri. Diantaranya ada seragam sipil komplit, seragam dinas harian, seragam sipil harian sampai seragam sipil legal. Tetapi untuk pemerintah provinsi ada tambahan seragam dinas lapangan dan inilah yang membuatnya berbeda.
    Peralatan seragam dinas
    Padahal mengenai peralatan seragam dinas, berikut penjelasannya:
  4. Seragam dinas harian
    Desainnya berbentuk kemeja berlengan pendek dengan warna khaki yang dilengkapi dengan lidah di komponen bahu. Semacam juga celana panjang berwarna kakhi. Kelengkapannya diberikan ikat pinggang, t-shirt kaki dan sepatu berwarna hitam. Padahal untuk rok perempuan diwajibkan 15 centimeter di bawah lutut. Dilengkapi dengan sepatu pantofel berwarna hitam. Untuk wanita hamil dan yang mengenakan jilbab disesuaikan penerapannya.
  5. Seragam sipil harian
    Seragam kerja dinas pemda ini diaplikasikan untuk kesibukan sehari-hari dengan contoh pakaiannya berlengan pendek untuk pria yang dipadukan dengan celana panjang warna senada. Aksesorinya berupa 3 kantung atau saku, 2 saku hal yang demikian diletakkan masing-masing di sebelah kiri dan sebelah kanan padahal sisanya lagi di letakkan di sebelah kiri komponen atas. pemakaian kancingnya berjumlah 5 kancing. Semacam juga untuk seragam dinas yang dikenakan wanita melainkan dilengkapi dengan rok.
  6. Seragam sipil legal
    Pakaian yang diaplikasikan saat menghadiri upacara ini berbentuk jas berlengan panjang yang dilengkapi dengan celana panjang berwarna senada. Pemakaiannya kancing juga berjumlah 5 dan komponen sakunya sama dengan seragam sipil harian. Semacam juga untuk seragam yang dikenakan wanitanya.
  7. Seragam dinas upacara
    Seragam ini cuma diaplikasikan untuk kesibukan upacara bagus itu upacara besar maupun upacara pelantikan. Bagi lurah maupun camat mengenakan kemeja putih yang dilengkapi dengan jas putih serta kancing warna kuning. Kelengkapannya diaplikasikan t-shirt kaki dan sepatu hitam, juga dasi hitam dan celana panjang berwarna putih.
    Berbeda untuk wanita yang mengenakan rok putih dengan panjang 15 cm di bawah lutut, kemeja warna putih, jas putih dengan kancing berwarna kuning emas. Padahal sepatu dan dasinya warna hitam.
    Sekian tulisan perihal ragam dan peralatan seragam dinas seragam kantor. Semoga berguna.

Sumber: henryadams.co.id