Trend Rumah Tangga Terbaru Menggunakan Solar Water Heater

0
159
views
sumber: google.co.id

Trend rumah tangga terupdate mengaplikasikan solar water heater memang menjadi betul-betul popular saat ini. Air panas sudah menjadi keperluan awam masyarakat untuk bermacam hal mulai dari mandi hingga keperluan lainnya. Pemasangan pemanas air tenaga matahari memang diukur lebih mahal dibandingkan dengan pemanas air tenaga listrik maupun gas. Namun kalau dipandang dari segi efisiensinya, solar water heater sangatlah jauh lebih efektif dan efisien.
Trend Rumah Tangga Terupdate Menggunakan Solar Water Heater
Unit pemanas air bertenaga matahari memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber tenaga utama. Lalu bagaimana kalau ketersediaan sinar matahari terhambat semisal karena awan hingga curah hujan tinggi? Beberapa hal yang perlu dikenal mengenai pemanas air tenaga surya ialah sebagai berikut.
• Dilengkapi back up heater
Menyambung penjelasan mengenai ketersediaan sinar matahari yang terbatas di atas, tidak perlu cemas. Pada unit pemanas air bertenaga solar terpasang komponen khusus yang bernama back up heater. Bagian yang satu ini bekerja dengan aliran arus listrik. Back up heater nantinya akan berfungsi untuk memenuhi keperluan air panas saat keperluan sinar matahari tidak terpenuhi.
• Solar water heater tetap mengaplikasikan listrik
Via penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemanas air bertenaga surya terbukti juga masih mengaplikasikan listrik. Lalu apa bedanya dengan pemanas air tenaga listrik? Ya tentu jawabannya betul-betul jauh berbeda. Pemanas air tenaga listrik benar-benar murni hanya mengaplikasikan arus listrik sebagai sumber tenaga utama dalam menjalankan fungsi unit pemanas tersebut. meskipun pemanas air surya sepenuhnya mengaplikasikan sinar matahari sebagai sumber tenaga. Hanya saja, saat keadaan atau cuaca tidak memungkinkan barulah back up heater yang mengaplikasikan tenaga listrik berjalan. Sebab Indonesia ialah negara tropis, jadi curah sinar matahari dapat dibilang betul-betul melimpah. Kalaupun memerlukan back up heater pastilah hanya kadang kala saja. Beberapa ini tentu dapat menekan penggunaan sumber tenaga alam tidak terbarui serta dapat menekan pengeluaran tagihan listrik setiap bulannya.
• Back up heater tersedia dalam bermacam ukuran
Para pengguna solar water heater dapat memilih ukuran back up heater. Pemilihan ini disesuaikan dengan keperluan penggunanya ialah kapasitas air panas yang diperlukan untuk setiap harinya. Beberapa ukuran back up heater antara lain 500 watt, 800 watt dan 1000 watt. Hanya back up heater dengan ukuran berapapun tidak berimbas pada tagihan listrik. Hanya memberi akibat pada cepat lambatnya progres pemanasan air. Watt yang semakin kecil tentu memerlukan waktu pemanasan lebih lama.
• Ragam panel kolektor tube lebih optimal
Pemanas air surya mempunyai bermacam jsistem dan tipe komponen. Salah satunya ialah panel kolektor. Ragam panel kolektor yang sedang popular karena mewujudkan temperatur panas lebih tingi dan cepat ialah tipe tube atau tabung. Supaya dengan panel flat, panel tube jauh lebih optimal.
menjadi keluarga yang mengikuti isu terhangat rumah tangga terupdate mengaplikasikan solar water heater tentunya aplikasikan unit pemanas air tersebut di rumah. Banyak manfaat positif yang dapat diambil dari penggunaan pemanas air tenaga surya salah satunya ialah dapat menghemat tenaga.

 

Sumber: intisolar.com