Jenis Enamel Pada Pemanas Air Tenaga Surya

0
183
views
sumber: google.co.id

Salah satu bagian pada pemanas air tenaga surya ialah adanya lapisan enamel. Lapisan ini ada pada bagian tangki penyimpanan air panas. Enamel sendiri ialah lapisan pelindung atau dekoratif yang umum ditemukan pada bagian gelas, logam atau keramik. Cara untuk menggunakan lapisan ini ialah dengan menghancurkan campuran bahan pada temperatur tinggi. Campuran bahan tersebut ialah bahan anorganik.

Penggunaan enamel ini dimulai pada abad 13 M lalu dimana lapisan ini ditemukan pada cincin emas dengan hiasan enamel yang berwarna. Mulai saat itu, enamel sudah banyak digunakan dan diadaptasi untuk digunakan pada berjenis-jenis variasi alar rumah tangga. Ternyata enamel juga bisa digunakan pada bagian surya water heater dan dibagi menjadi sebagian variasi enamel seperti berikut ini.

Daftar variasi enamel pada pemanas air tenaga surya

1.            Enamel vitreous

Tipe enamel yang pertama ialah enamel vitreous. Enamel ini digunakan sebagai lapisan dalam yang memiliki tampilan kaca tipis dan juga bisa menyatu dengan logam yang bersuhu tinggi. Kecuali digunakan untuk mempercantik, enamel variasi ini juga digunakan untuk mengurangi terjadinya karat atau goresan dan juga memperkuat bagian yang diberikan enamel. Salah satunya banyak digunakan pada solar water heater.

Dikarenakan digunakan pada lapisan bagian pemanas air tenaga matahari, karenanya enamel ini juga memiliki tenaga bendung yang baik pada temperatur tinggi. Kecuali itu, enamel ini juga memiliki ketahanan yang cukup lama atau awet.

Pun lapisan ini juga digunakan untuk pelindung pada tangki di bagian dalamnya. Tipe ini dilakukan untuk menghindari bagian dalam tangki yang rusak. Tipe kerusakan yang dihindari dengan adanya enamel pada bagian tangki ini ialah karat.

Air panas yang keluar dari tangki jika beraroma karenanya kemungkinan ada bagian dari cara pemanas tersebut yang berkarat. Namun sudah ada bagian yang berkarat karenanya secara otomatis pemanas air tenaga surya tersebut mengalami kerusakan.

Kecuali jika digunakan atau terdapat lapisan enamel, karenanya karat tersebut lebih bisa untuk dihindari sehingga air panas yang dikeluarkan juga akan bersih dan tidak beraroma.

Kecuali menyebabkan air yang bau, karat yang ada pada bagian pemanas air tenaga matahari tersebut juga akan menyebabkan persoalan yang lain ialah kebocoran. Salah kegunaan adanya enamel tersebut ialah untuk membantu mencegah terjadinya kebocoran.

Dengan begitu kemungkinan untuk terjadi kebocoran juga akan lebih diminimalisir dan bisa menghindari kerusakan lainnya. Sehingga pemanas air Anda juga akan bertahan dengan lebih lama atau awet.

2.            Enamel porselen

Contohnya variasi enamel yang terakhir ialah enamel porselen. Enamel ini memiliki format yang cukup simpel. Kala berbentuk cat yang kemudian disemprotkan pada bagian yang ingin dilapisi.

 seperti bathtub yang mengkilap. Kebanyakan pengaplikasian enamel ini sebagai finishing untuk bagian luar bagian agar menjadi lebih keras.  enamel ini juga digunakan pada bagian luar pemanas air tenaga surya.

Sumber: intisolarbandung.com