Cara Cegah Korosi, Scalling dan Pembekuan Solar Water Heater

0
264
views
sumber: google.co.id

Lakukan perawatan air surya pemanas sangat penting untuk menjaga sistem dan kinerja pemanas air untuk tetap bekerja dengan baik. Kerusakan dari pemanas air juga dapat disebabkan karena kelangkaan atau kurang baik saat melakukan perawatan. Berikut adalah beberapa hal yang sering mempengaruhi kerja dari sistem pemanas air Anda.
Bagaimana untuk mencegah korosi, scaling dan pembekuan

  1. Korosi
    Sebagian besar komponen pemanas air surya telah dirancang dengan baik, tetapi masih tidak bisa menghindari korosi. Umumnya jenis ini korosi yang terjadi adalah korosi galvanik. Hal ini terjadi karena dua jenis logam yang menarik satu sama lain sehingga salah satu logam akan menyebabkan korosi.
  2. Scaling
    Air yang digunakan untuk memanaskan air jika memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi akan menyebabkan penumpukan mineral atau scaling. Jika ada penumpukan di sistem pemanas air matahari akan mengurangi kerja pemanas. skala ini biasanya terjadi pada komponen seperti pipa distribusi, penukar panas dan kolektor.
    Untuk menghindari hal ini, Anda dapat memberikan larutan asam ringan seperti cuka atau air pelembut atau lingkaran air melalui kolektor. Hal ini dapat melakukan setiap 3 sampai 5 tahun.
  3. Pembekuan
    Sistem yang menggunakan pemanas air energi matahari yang menggunakan cairan untuk penukar panas biasanya membutuhkan perlindungan dari pembekuan. pembekuan dapat terjadi dalam lingkungan di mana suhu sekitar di bawah 42 derajat Fahrenheit atau 6 derajat Celcius.
    Untuk mempertahankan ini dilakukan pada pipa dan juga kolektor tidak rusak bila terkena suhu rendah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:
    • Gunakan solusi antibeku
    Pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan solusi antibeku seperti etilena glikol atau propilen glikol. Cairan ini berguna untuk menghindari pembekuan dalam komponen pemanas air. Namun pastikan jika konsentrasi digunakan antibeku adalah jumlah yang tepat.
    Biasanya dari waktu ke waktu, efektivitas cairan pembeku bisa berkurang sehingga Anda akan perlu mengganti sekitar 3 sampai 5 tahun. Untuk memeriksa dan menggunakan cairan antibeku Anda dapat menggunakan bantuan profesional sehingga hasilnya lebih tepat.
    • Lakukan pengeringan pada kolektor dan pipa
    pemanas air surya yang menggunakan air untuk cairan perpindahan panas biasanya lebih rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh pembekuan. Oleh karena itu pengeringan diperlukan pada sistem pipa dan konektor.
    Biasanya, sistem secara otomatis dapat menguras drainback kolektor. Sensor pada tangki penyimpanan dan kolektor akan memberitahu ketika sistem kontrol harus menonaktifkan pompa sirkulasi dan mulai pengeringan lingkaran.
    Itu info penting bahwa Anda mungkin tidak tahu tentang bagaimana mencegah masalah yang sering terjadi pada pemanas air Anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: intisolarbandung.com