Cara Atasi Kenaikan TDL Dengan Pemanas Air Tenaga Surya yang Hemat

0
199
views
sumber: google.co.id

Solar water heater semakin diketahui dan menjadi alternatif para masyarakat pebisnis maupun pribadi. Apalagi dengan kemungkinan akan adanya kenaikan TDL atau Biaya Dasar Listrik yang kerap dicanangkan PLN. Pemanas air yang sebelumnya banyak digunakan yakni yang mengaplikasikan daya listrik. Khususnya bagi kompleks perhotelan, penginapan, hingga rumah pribadi. Namun saat ini hendaknya beralih ke pemanas air yang memanfaatkan daya surya atau sang surya demi menghemat listrik, mengapa?
Menuntaskan kemungkinan kenaikan TDL dengan pemanas air daya surya yang hemat
Kenaikan Biaya Dasar Listrik atau TDL tentunya benar-benar berdampak pada banyak aspek. Meskipun hitungannya tidak terlalu besar, namun kenaikan yang bisa terjadi di masa datang konsisten saja sepatutnya diwaspadai bagi masyarakat rumahan hingga para pelaku bisnis. Mau tidak berkeinginan kenaikan TDL akan mempengaruhi skor modal produksi awal bagi pebisnis. Meskipun di sektor rumah tangga, kenaikan TDL tentulah akan membuat mereka merubah gaya hidup yang telah berjalan selama ini.
Tak terlepas, kenaikan TDL juga berdampak kepada pemakaian beragam produk yang memerlukan daya listrik salah satunya pemanas air. Karena itulah pemanas air daya sang surya yang hemat menjadi alternatif pas saat ini.
Pemanas yang memanfaatkan sinar sang surya sebagai suplai utama dayanya tentunya akan sanggup memenuhi kebutuhan air panas dengan lebih hemat daya. Cahaya sang surya yakni sumberdaya alam yang bisa diperbarui. Berbeda dengan listrik dan gas yang termasuk ke dalam sumber daya alam tidak bisa diperbarui dan akan bisa habis bila digunakan dalam bentang waktu yang lama.
Lebih jauh, bila dibandingkan , pemanas air daya sang surya jauh lebih efektif dari segala unsur bila dibandingkan dengan pemanas air daya listrik maupun gas. Pemanas air daya listrik memerlukan tarif langganan dengan nominal rupiah yang tidak sedikit. Seperti pula dengan pemanas air daya gas. Berbeda dengan pemanas air daya solar yang cuma memerlukan sinar sang surya yang ditampung di panel penampang. Karena Indonesia termasuk negara tropis, tentunya suplai sinar sang surya bisa berjalan lebih lancar. Malahan saat mendung, panel penampang konsisten sanggup menerima suplai sinar sang surya. Jikalau temperatur dirasa kurang saat hujan berhari-hari, pengguna tidak perlu cemas sebab adanya back up heater yang bisa dioperasikan secara otomatis atau manual.
Malahan bila dibandingkan, di antara ketiganya, pemanas air dengan daya surya memiliki sitem kerja yang paling sederhana. Proses pemasangan atau aplikasinya pun jauh lebih mudah. Karena dipasang di luar ruangan, maka solar water heater yang hemat juga didaulat sebagai pemanas air yang paling aman. Telah banyak kasus konsleting pemanas air daya litrik maupun gas yang menyebabkan korbannya keracunan hingga meninggal. Salah satu unsur penyebabnya yakni pemasangan alat-alat yang dikerjakan di dalam kamar mandi sehingga rawan kerusakan.
Setelah menyimak penjelasan di atas, telah tidak diragukan lagi bahwa pemakaian pemanas air daya surya yang hemat tarif memang jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pemanas daya lainnya.

 

Sumber: intisolar.com