Apa Saja Jenis Perawatan Berkala Pemanas Air Tenaga Surya?

0
174
views
sumber: google.co.id

Perawatan pemanas air energi surya sangatlah penting terutama sebab alat ini telah menjadi salah satu penemuan kreatif dalam sebagian tahun terakhir untuk menjawab keperluan air panas. Dulu pemanas air seringnya digunakan di hotel atau rumah elit saja. Tetapi ketika ini telah banyak perumahan pibadi yang menerapkan mesin pemanas air untuk pemenuhan keperluan dari mulai mandi sampai kepeluan cuci. Manfaat mandi dengan air panas benar-benar bagus bagi kesehatan nampaknya menjadi salah satu elemen peningkatan penerapan pemanas ini.
Sistem Perawatan Terstruktur Pemanas Air Daya Surya
Pemasangan mesin pemanas air bertenaga surya yang mempunyai istilah keren solar water heater memberikan performa yang jauh lebih tepat sasaran dan efisien. Langkah perawatan yang pertama ialah dengan menjalankan pemeriksaan secara terjadwal . Pemeriksaan benar-benar penting dikerjakan untuk mengenal keadaan pemanas secara keseluruhan. Sebagian bagian yang perlu diperiksa secara terjadwal antara lain.
– Saluran air dan koneksi kabel
Bagian yang satu ini benar-benar patut diperiksa untuk memutuskan tak adanya kebocoran cairan pada saluran pipa. Sebagian zona yang rawan bocor mesti disegel dengan bagus dan ketat agar tidak terjadi kebocoran.
– Katup
Pastikan pula katup pada pemanas air energi sang surya dalam keadaan terbuka atau tertutup dengan benar.
– Cairan penhantar panas
Berikutnya periksalah apakah cairan pengahantar panas yaitu air anti beku dengan kandungan mineral tinggi masih mencukupi atau tak. Untuk penambahan cairan ini, sebaiknya serahkan pada sang pakar.
– Bayang-bayang yang mengganggu kolektor
Pemeriksaan juga perlu dikerjakan pada bayang-bayang yang mengganggu panel kolektor dalam menangkap panas sang surya. Bayang-bayang hal yang demikian semisal pohon yang terlalu tinggi dan rindang atau pengembangan bangunan. Lakukan relokasi daerah bila kolektor memang kesusahan dalam menangkap panas.
– Kaca pada panel kolektor
Seketika perlu diperiksa berikutnya ialah kaca pada panel kolektor untuk mengamati apakah masih dalam keadaan utuh. Bagian ganti bila telah menguning atau mengalami keretakan.
– Bagian penyokong
Jangan lupa pula untuk memeriksa semua mur atau baut pada kolektor atau bagian lain. Pastikan semuanya dalam keadaan pesat.
– Pompa atau blower
Pompa dan blower juga perlu diperiksa secara terjadwal apakah masih beroperasi dengan bagus atau tak. Pastikan pompa tak mengeluarkan suara keras dikala beroperasi.
– Tangki penyimpanan
Seketika tidak keok penting pada pemeriksaan pemanas air energi surya ialah memutuskan keadaan tangki penyimpanan yang bebas dari keretakan, korosi hingag kebocoran.
– Melindungi bagian dari pembekuan
Perawatan yang tak keok penting pada sebuah perangkat pemanas air bertenaga sang surya ialah melindungi semua bagian dari pembekuan. Langkah ini bisa dikerjakan dengan sebagian sistem antara lain memakai isolasi kolektor dan pipa, mengeringkan kolektor dan pipa sampai menerapkan larutan antibeku sebagai cairan penyalur panas.
– Mencegah korosi
Pencegahan korosi atau karat juga perlu dikerjakan pada semua bagian pemanas air energi solar agar bisa memberikan performa optimal. Untuk mencegah munculnya karat, lakukan pembersihan rutin pada masing-masing bagian, bila perlu, aplikasikan cairan water softener atau larutan asam ringan seperti cuka.
penjelasan di atas, bisa dikenal bahwa terbukti perawatan terjadwal pemanas air energi surya tak sesulit yang dibayangkan. Kunci yang paling utama ialah senantiasa menjalankan pengecekkan kepada pemanas air secara rutin. Jangan menunggu sampai pemanas air mengalami kerusakan.

 

Sumber: intisolar.com