4 Cara Terbaik Instalasi Pemanas Air Tenaga Surya Untuk Air Hangat

0
173
views
sumber: google.co.id

Pemanas air daya surya adalah salah satu sistem pilihan untuk mendapatkan air hangat secara tepat sasaran, terutama dikala musim hujan. Ketika musim hujan seperti sekarang ini, mandi dengan air hangat adalah pilihan yang ideal. Temperatur air yang lebih tinggi dari kadar normal mengakibatkan udara dingin tidak demikian itu terasa dan tetap bisa menghangatkan diri.
Instalasi pemanas air daya surya untuk mandi air hangat
Mandi menerapkan air hangat adalah sebuah rutinitas dikala musim hujan seperti sekarang ini. Oleh karena itu kita diperlukan untuk memasang pemanas air pada instalasi di rumah yang diperoleh melewati solar water heater.
Berikut langkah-langkah untuk memasang instalasi pemanas air pada saluran air di rumah:

  1. Memastikan lokasi
    Untuk membeli alat pemanas air, hal pertama yang perlu dilihat adalah pemanas air. Tahap ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa panjang pipa instalasi serta trek yang akan dipakai. Agar tidak mengeluarkan biaya yang banyak, tentukan jarak terpendek antara keran dan mesin pemanas air. Sehingga kita bisa mengevaluasi keperluan pipa yang diperlukan.
  2. Memastikan teladan sesuai keperluan
    Dalam menetapkan teladan pemanas bisa disesuaikan dengan keperluan yang akan kita pakai. Pada biasanya air panas hanya diperlukan untuk mandi dan wastafel, sehingga pilihlah tangki yang mempunyai kapasitas 10 liter dan muat seandainya dipasang dalam kamar mandi. Apabila kapasitas yang diperlukan besar atau lebih dari 30 liter, sebaiknya alat ditempatkan di luar ruangan.
  3. Memastikan material pipa yang bermutu
    Air yang terlalu panas bisa berpotensi merusak material atau bahan pada pipa. Oleh karena itu air panas yang diperoleh dari pemanas air daya matahari sebaiknya menerapkan pipa yang terbuat dari material yang bendung panas atau temperatur tinggi. Pipa yang terbuat dari bahan PP-R atau Polypropylene Random Type-3 adalah salah satu material yang ideal.
    Material hal yang demikian memang dirancang khusus untuk air panas atau air yang bersuhu tinggi. Pipa hal yang demikian tersedia dalam bermacam-macam kelas tergantung dari tekanan dan temperatur, hal hal yang demikian disesuaikan dengan ketebalan dinding dikala pengaplikasiannya. Oleh karena itu material pipa sungguh-sungguh berhubungan dengan ketahanan air yang diwujudkan dengan jangka waktu yang panjang.
  4. Hubungkan alat pemanas dengan instalasi pipa
    Ketika alat pemanas sudah terpasang pada dinding yang diinginkan, salurkan lubang input atau output pemanas pada instalasi air. Kemudian salurkan lubang input pada pipa instalasi penyuplai, sedangkan letakkan lubang output pada pipa instalasi air panas. Pipa yang fleksibel bisa memudakan kita dikala memasang alat pemanas air.
    Itulah tips atau langkah-langkah untuk memasang instalasi air hangat yang diperoleh dari pemanas air daya surya agar mempermudah kita dikala memerlukan air hangat. Semoga berguna.

Sumber: intisolarbandung.com